Kategori Dan Jenis Tanaman Hias

Mengenal jenis jenis tanaman hias bunga maupun daun akan memudahkan kita dalam mempercantik taman rumah, oleh karena itu mengetahui berbagai macam bunga sangat penting untuk menciptakan keindahan.
Memiliki tanaman hias di rumah akan menambah daya tarik dan kecantikan rumah sehingga penghuni rumah akan betah dibuatnya. Dengan keberadaan tanaman hias akan memberikan kesan sejuk, asri segar serta akan membuat lingkungan rumah lebih sehat. Bayangkan jika rumah tanpa dilengkapi taman ataupun tanaman hias, maka rumah akan tampak gersang serta terasa panas. Karena alasan keindahan, kenyamanan serta kesehatan tanaman hias menjadi pilihan menarik bagi para pemilik rumah.

Memilih tanaman hias tidaklah asal asalan, kombinasi dari setiap jenis dan warna tanaman sangat penting karena darisinilah akan tercipta berbagai macam unsur warna yang memperlihatkan keindahan. Merancang untuk keindahan taman selain mengetahui tentang jenis jenis tanaman hias juga diperlukan beberapa sarana pendukung lainnya contohnya adalah ornamen-ornamen tanaman contohnya seperti lampu taman, batu alam akan mempu untuk menyempurnakan keindahan taman rumah Anda.

Dalam pemilihan tanaman hias penting untuk memperhatikan jenis tanaman, jika anda memilih tanaman yang mampu tanaman yang terlalu besar sementara luas taman yang anda sediakan kecil, ini juga akan sangat mempengaruhi aspek harmoni dari taman. Pemilihan jenis tanaman yang terlalu bebas juga menimbulkan ketidak sempurnaan saat dilihat, oleh karena itu mengetahui jenis jenis tanaman adalah kewajiban bagi Anda yang ingin menghias taman.

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias yang dapat anda pilih untuk mempercantik taman anda.

1. Tanaman hias daun
Tanaman hias digolongkan menjadi tanaman hias daun, bunga dan batang. Pada umumnya tanaman hias daun tidak memiliki bunga dan keindahannya terdapat pada bagian daunnya yang memiliki karakter kuat. yaitu:

Tanaman hias Anthurium
Dari banyaknya jenis tanaman hias, anthurium merupakan jenis tanaman hias yang sangat popular. Anthurium merupakan jenis tanaman keluarga Araceae. Tanaman anthurium memiliki kelebihan pada bagian daunnya, memiliki tampilan yang indah dan bervariasi yang membuat tanaman hias jenis daun ini memiliki banyak peminat. Nama anthurium berasal dari bahasa Yunani, yang berarti Eksotis dan menarik, bunga dari anthurium biasanya merah dan mengkilap, dedaunan hijau tua, anthurium mengesankan keramahan bunga ini cukup tahan lama dan keindahan dari bunga ini tidak dapat dipungkiri lagi. Filosofi yang hadir dari tanaman hias anthurium mewakili keindahan, keberuntungan melindungi dan melawan kejahatan. Karena filosofi dan keindahan akan anthurium tidak salah lagi jika bunga ini merupakan bunga dengan harga yang cukup mahal.

Kuping gajah tanaman hias daun jenis Anthurium
Tanaman bias daun kuping gajah merupakan tanaman hias dari jenis Anthurium crystallinum, tanaman ini memiliki daun yang sangat hijau dan berbentuk hati, dengan tekstur lembut dapan pada bagian pinggirnya berwarna silver terang

Tanaman hias Philodendron
Banyak orang memperediksikan bahwa keberadaan bunga ini akan mampu mengeser dominasi Anthurium dan Aglaonema. Tanaman hias Philodendron merupakan tanaman hias keluarga Aracea. Dalam bahasa yunani Philodendron berarti cinta tidak hanya pada daun. Philodendron memiliki batang yang unik jenis dari bunga ini cukup banyak, namun dari berbagai jenis tanaman hias Philodendron, jenis cardinal black merupakan jenis yang paling banyak digemari. Jika dibandingkan jenis bunga Aglaonema dan Anthurium, Jenis bunga Philodendron lebih murah sehingga ini dapat dijadikan tanaman hias daun alternative yang siap untuk menghiasi taman dan ruangan anda.

Tanaman hias daun Sansevieria
Tanaman hias bunga Sansevieria memiliki model yang indah serta akarnya sangat kuat dalam mencegah erosi. Tanaman jenis ini harganya juga cukup tinggi, lekukan pada bagian daunnya membuatnya terlihat seksi, tanaman jenis ini sempat diburu oleh para pecinta bunga , bentuknya yang unik dan langka akan membuatnya semakin mahal di pasaran. Tanaman Sansevieria juga dikenal dengan sebutan lidah mertua. Mungkin yang menamakan tanaman ini lidah mertua karena bentuknya yang panjang yang menggambarkan mertua yang cerewet…… he hehe kurang ajar juga yah.
Dibalik bentuknya daunnya yang panjang menjulur, tanaman Sansevieria merupakan salah satu tanaman hias daun yang mampu menyerap racun dari udara atau yang dikenal dengan sebutan polutan, tanaman ini mampu membersihkan, menyerap dan menetralisir polutan di udara.
Dalam bahasa inggris tanaman ini dikenal dengan sebutan tanaman hias snake plant, mother-in-law´s tongue, devil’s tongue, dibalik nama-namanya yang buruk tanaman ini memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan, yah mungkin sama dengan para mertua yang selalu memberikan kebahagiaan pada anak dan menantunya.

Tanaman hias daun Puring
Tanaman puring atau dalam bahasa latinnya Codiaeum variegatum meruakan tanaman hias yang sangat populer. Tanaman purin juga di kenal dengan sebutan kroton yang banyak ditemui di pekarangan. Tanaman ini memiliki warna daun yang beragam merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Bentuk daun dari tanaman purin panjang oval dan bergelombang. Meskipun tanaman ini dulunya dainggap tidak berharga namun kini tanaman ini memiliki nilai jual yang cukup lumayan dan akan banyak anda temukan jenis tanaman ini di perumahan-perumahan mewah. Jenis tanaman purin yang banyak menjadi incaran adalah jenis Red Aple, Logam, Oscar, Puring Anting Raja, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga dan jenis purin kura.


Tanaman hias daun Nepenthes


Tanaman hias daun Nepenthes atau di Indonesia lebih dikenal dengan kantong semar merupakan jenis tanaman hias daun yang termasuk dalam familia monotipik tanaman ini memiliki banyak jenis, terdapat sekitar 200 jenis tanaman Nepenthes. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik memiliki kantong yang dapat menangkap serangga dan di plau Kalimantan merupakan daerah yang paling banyak memiliki jenis tanaman Nepenthes. Tanaman kantong semar Semar termasuk keluarga monotypic. Tanaman ini dulu banyak tumbuh di gunung dan kini banyak di pelihara di perumahan-perumahan mewah.
Tanaman Kntong semar memiliki fungsi ganda, selain berfungsi sebagai hiasan juga dapat berfungsi sebagai pembasmi serangga. Tanaman Nepenthes memiliki kantong unik dan bercorak, mahalnya harga tanaman hias ini membuatnya sebagai tanaman yang banyak diburu di hutan Kalimantan.

Tanaman hias daun Kadaka
Tahun lalu dari trand tanaman anthurium beralih ke tanaman hias daun Kadaka, ini merupakan jenis tanaman khas Indonesia berdaun tebal yang dapat ditemukan di hutan, hutan, tanaman ini dulunya banyak yang menganggapnya sebagai tanaman yang tidak berharga namun pada akhirnya tanaman ini diburu oleh banyak orang karena keindahannya. Banyak sekali jenis tanaman kadaka diantaranya yang laris di took-toko bunga adalah jenis Kadaka keriting, kadaka osaka dan kadaka ular. Tanaman ini merupakan tanaman jenis pakis dan biasa disebut sebagai pakis sarang burung, daun dari kadaka dapat tumbuh besar mencapai 25-35 cm berbentuk seperti bulu ayam besar yang halus. Letak keunikan dari tanaman hias daun kadaka adalah keunikan akan bentuk dan ukuran daun, semakin besar dan semakin unik tanaman ini akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi.


2. Tanaman hias bunga
2. Tanaman hias bunga merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga cantik an unik yang siap memikat siapa saja yang melihatnya. Jenis tanaman hias bunga memiliki banyak macam contohnya tanaman hias bunga mawar, anggrek, kamboja, krisan, melati, bunga matahari, bunga kertas.

Tanaman hias bunga mawar
Bunga mawar merupakan jenis bunga yang paling banyak diminati. Bunga mawar adaah jenis bunga dari tanaman semak genus Rosa sekaligus menjadi nama tanaman ini. Bunga mawar memiliki berbagai macam jenis yang biasanya dibedakan berdasarkan warna dari bunga yang dimilikinya.
Keindahan dari tanaman ini terdapat pada bunganya, kecantikan akan helai demi helai kuntum bunga mawar tidak terbantahkan lagi sehingga bunga ini sering dijadikan sebgai hadiah untuk pacar, teman dan sahabat.Untuk mengetahui arti dari setiap bunga mawar silahkan menuju artikel dengan judul “Arti bunga mawar merah putih kuning dan ungu”.
Berikut ini adalah beberapa gambar bunga mawar sesuai dengan jenis warnanya.

Tanaman hias bunga kamboja

Bunga kamboja memiliki bunga dan postur barang yang unik yang membuat bunga kamboja sempat booming sebagai tanaman hias yang unik juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Bunga kamboja atau yang nama latinnya adalah Plumeria rubra L.cv. Acutifolia. Bunga kamboja terdiri dari berbagai jenis ada yang bunganya berwarna merah, putih dan kuning. Bunga ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 6 meter, dengan banyak cabang dan pada bagian ujung biasanya lunak. Bunga kamboja memiliki batang yang cukup besar dan bunga jenis ini memiliki getah yang cukup banyak. Terdapat berbagai nama disematkan untuk bunga yang satu ini Orang indonesia menyebutnya sebagai bunga kamboja namun untuk beberapa pulau menyebutnya dengan sebutan lain. Orang jawa ada yang menyebut bunga ini dengan nama kamboja dan ada pula yang menyebut semboja, lain lagi dengan orang sunda, mereka menyebut bunga kamboja dengan sebutan Semoja, kamoja, Orang dari Madura menyebutnya dengan nama Campaka molja/bakul, orang minang memberi nama bunga ini pandam di minahasa biasa dikenal dengan sebutan karasuti, kolosusu, tintis sedangkan di pulau tidore banyak orang menyebut bunga ini Capaka kubu.

Jika anda menggores kulit dari batang bunga kamboja maka akan mengeluarkan getah yang cukup banyak, getah dari bunga kamboja mengandung senyawa lupeol, amyrin, triterpenoid, kautscuk dan damar. Selain itu bunga kamboja juga mengandung minyak fenetilalkohol, farnesol, geraniol, sitronellol, linallol.
Bunga kamboja memiliki banyak varian warna cantik sehingga banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias, bau dari tanaman ini cukup harum meskipun telah gugur dari tangkainya.
Selain keindahan, bunga kamboja juga memiliki manfaat yang baik yang membuat bunga ini banyak di kembang biakkan. Untuk pengembangbiakan dari bunga kamboja cukup mudah, dapat ditanam melalui biji, stek mapun cangkok. Tanaman bunga kamboja sangat mudah dalam perawatan karena tanaman ini merupakan tanaman yang sedikit memerlukan air. Pemberian air berlebihan pada bunga kamboja dapat membuat akar dan batang dari tanaman ini membusuk dan mati. Dengan mendapatkan sinarmatahari yang cukup dapat membuat tanaman kamboja berbunga lebat.

Tanaman hias bunga anggrek

Bunga anggrek merupakan jenis tanaman bunga tang memiliki keindahan yang luarbiasa sehingga membuatnya berbeda dari jenis jenis bunga yang lainnya
Bunga anggrek dapat tumbuhpada daerah yang sedikit memiiki air, air yang diperoleh bunga nggares berasal dari air hujan, tetesan embun serta uap air di udara. Tanaman anggrek biasanya hidup di bawah naungan tanaman lainnya.
Beberapa jenis tanaman anggrek yang populer sebagai tanaman hias diantaranya adalah jenis Cattleya, memiliki bunga besar dan spektakuler, dendrobium (merupakan jenis yang paling populer dari jenis anggrek lainnya), grammatophylumtermasuk jenis grammatophyllum scriptum nama lokal anggrek papua raksasa, selanjtunya adalah anggrek Oncidiu, Phalaenopsis, Spathyphyllum, anggrek tanah dan lain lain.

Tanaman hias bunga asoka
Pohon ashoka di anggap suci dan sering di lambangkan sebagai cinta dan kesucian. Di Indonesia dikenal 2 jenis asoka yaitu bunga aoka yang menjulang tinggi tanpa ranting yang disebut dengan glodokan tiang bahasa ilmiahnya (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing.
Tanaman digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini biasanya berbunga pada saat musim hujan tiba. Di daerah eropa, tanaman aoka disebut dengan Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok bagaikan api.

Perawatan tanaman asoka sangat mudah sehingga bunga ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Untuk memperbanyak tanaman ini anda dapat mencangkok atau menanam melalui bijinya.
Selain untuk keindahan, tanaman hias bunga asoka juga bermanfaat bagi kesehatan, tanaman ini bermanfaat untuk mengobati disentri hemoragik, haid tidak teratur, untuk mengobati luka memar dan masih banyak lagi manfaat kesehatan yang diberikan oleh bunga asoka.
Berikut ini adalah gambar keindahan dari tanaman hias bunga asoka

0 Response to "Kategori Dan Jenis Tanaman Hias"

Posting Komentar