5 Tanaman Yang Ampuh Mengusir Nyamuk



Saat musim hujan tiba, nyamuk seringkali bertebaran di genangan-genangan air yang kotor atau pun bersih. Bisa dibilang jika musim hujan adalah surga bagi para nyamuk di sekitar rumah kita.Untuk itu, perlu dilakukan penanganan khusus agar kedatangan nyamuk yang berbondong-bondong tersebut dapat diantisipasi dengan cara alami, misalnya menggunakan tanaman pengusir nyamuk.

Berikut adalah tanaman yang ampuh untuk mengusir nyamuk

1.AKAR WANGI

Tanaman akar wangi merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang tidak cocok untuk ditanam dengan menggunakan media pot. Tanaman sejenis rumput-rumputan ini seringkali tumbuh secara liar di daerah pekarangan rumah, salam seperti rumput yang lain.
Bau menyengat dari akar wangi ini konon terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk tatkala sudah tercium. Bahkan, nyamuk sekelas aedes aegypti pun tidak menyukai sensasi aroma dari akar wangi.

2.Lidah buaya
Perlu diketahui bahwa lidah buaya bukanlah tanaman pengusir nyamuk, akan tetapi tanaman ini dapat digunakan sebagai penghilang bengkak dan gatal akibat gigitan nyamuk.
Cukup oleskan gel lidah buaya ke beberapa yang sudah terkena gigitan nyamuk, Inshaa Allah rasa gatal dan bengkak akan hilang dengan sendirinya

3.Lavender
Mendengar kata Lavender, sepertinya bunga yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Usut punya usut, tayangan ikan lotion anti nyamuk di TV-lah yang membuat Lavender terkenal karena mengandung bahan tersebut.
Selain sebagai pengusir nyamuk, Lavender disebut-sebut juga dapat digunakan sebagai tanaman penghias halaman rumah.
Kandungan lynalil acetate dan linalool pada bunga Laveder menimbulkan sebuah bau yang mana nyamuk sangat tidak suka
Sehingga sekawanan nyamuk pun akan merasa pusing lalu pergi ketika aromanya tercium.
Kawasan pegunungan Alpen, Swiss merupakan tempat asal muasal bunga Lavender berada.
Untuk membuat lotion anti nyamuk dari bunga Lavender, pertama-tama kita harus menyulingnya terlebih dahulu. Akan tetapi, kamu juga bisa loh menggunakannya secara langsung.
Caranya, gosokkan bunga Lavender ke area permukaan kulitmu yang tidak tertutup oleh pakaian atau apapun. Untuk kamu yang lagi suka bepergian di area banyak nyamuk, mungkin cara ini sangat cocok untuk dilakukan.
Lain halnya jika kita ingin mengurangi tingkat populasi nyamuk di rumah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menanamnya di sekitar rumahmu saja dan jangan lupa dirawat.

4.geranium
Bentuknya mirip bunga rose, tapi kok bisa ngusir nyamuk? Cobak tebak apa hayo. Yups, tanaman ini bernama Geranium. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Diyakini tanaman ini dapat mengusir nyamuk karena mengandung zat sitronelol dan geraniol.
Sifat kedua zat tersebut yang mudah terbawa angin, membuat semerbak tanaman ini tercium di sekitar area wilayahnya. Karena penyebarannya yang cepat itulah sehingga tapak dara sangat cocok jika digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan indoor.
Ingat, usahakan menaruh tanaman ini di dekat tempat yang terkena angin, seperti jendela. Hal ini dimaksudkan agar aromanya bisa menyebar secara cepat dan merata.

5.Zodia
Bagi masyarakat pedalaman Papua, zodia bukanlah tanaman yang asing lagi di telinga mereka. Masyarakat Papua sudah terbiasa memetik daun zodia, kemudian menggosokkannya pada bagian tubuh mereka sebelum mengejar buruan di area hutan.
Sehingga mereka akan terjaga dari gigitan serangga dan nyamuk.Kandungan Rutaecarpine dan Evodiamine pada tanaman zodia terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk secara tuntas.
Agar aroma unga zodia dapat terbawa hembusan angin ke dalam rumah, disarankan untuk menanam tanaman asli di Indonesia ini dengan menggunakan pot di halaman rumah.
Note: gambar cari di google

0 Response to "5 Tanaman Yang Ampuh Mengusir Nyamuk"

Posting Komentar